Kesabaran Menolong Setiap Pekerjaan

Kesabaran Menolong Setiap Pekerjaan



الصَّبْرُ يُعِيْنُ عَلَى كُلِّ عَمَلٍ



Oleh :Tri Utafianto

Kata sabar sudah tidak asing lagi kita dengar, kata sabar sering kali diucapkan para penasehat dalam pembicaraannya, kata sabar biasa diucapkan oleh seorang ibu kepada anaknya ketika anaknya mendapatkan masalah atau musibah, kata sabar ini masuk kedalam semua kategori mulai dari kanak-kanak, remaja, dewasa dan orang tua.

Mari kita sejenak menela’ah arti kata sabar. Kata sabar berasal dari bahasa arab yakni “Sobaro Yasbiru” yang artinya menahan, menahan dari segala hal, menahan dalam kesenangan maupun dalam kesedihan.

Sabar adalah sebuah sikap mental yang ditandai dengan keteguhan dan konsisten dalam melakukan yang terbaik. Mentalnya tetap sama tapi aktivitasnya bisa jadi berbeda tergantung kondisinya. Karena setiap orang mempuanyai pemikiran yang berbeda-beda dan status social yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya,

Sedangkan sabar dalam islam yakni sabar dalam menjalankan perintah Allah SWT artinya sabar dalam beribadah kepada Allah SWT, sabar dalam sholat, sabar dalam puasa, sabar dalam beribadah, semua ibadah dilakukan dengan sabar dan khidmat agar mendapatkan kehusu’an dan mendapatkan yang terbaik.

Misalnya sabar dalam menghafal al-qur’an, walaupun terkadang terasa berat, dan merasa bahwasanya dirinya kurang mampu, maka sikap yang terbaik yang dimunculkan adalah tetap bersabar dalam menghafal lagi dan lagi, agar selalu terasah, ibarat pisau yang tumpul yang diasah terus menerus lama kelamaan akan tajam dan lebih tajam setiap asahhannya.

Ibarat yang lain juga bisa kita ambil, misalnya batu disungai yang terkena percikan air secara terus menerus, lama kelamaan batu itu akan berlubang. Artinya segala sesuatu yang kita hadapi walaupun itu sulit dalam pengerjaannya, lama kelamaan akan menjadi mudah, tentunya disertai dengan kesabaran yang kuat usaha dan do’a.

Dari suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal demikian itu tidak akan terdapat kecuali pada orang mu’min: yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui ) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya.” (HR. Muslim)

Yang kedua adalah sabar dari apa yang dilarang oleh Allah SWT. Sabar atas segala larangan-larangannya, larangan dalam agama islam larangan untuk berbuat maksiat, larangan meminum minuman keras, larangan mengambil hak orang lain, larangan menghina orang lain dan masih bannyak larangan-larangan yang ada dalam islam, namun larangan-larangan ini ada semata-mata untuk kebaikan umat manusia itu sendiri, semua ini butuh kesabaran dan dari kesabaran akan banyak hikmah yang datang kepada kita. Meminum minuman keras adalah perbuatan yang akan rugi dan merugikan, merusak kesehatan tubuh manusia, larangan minum minuman keras agar kita senantiasa menjaga kesehatan kita, larangan menghina orang lain agar kita menjaga kerukunan diantara umat manusia, dan masih banyak lagi hikmah yang dapat kita ambil dari kesabaran tersebut. Dan masih banyak contoh-contoh lain yang mungkin kita sudah pernah mengalaminya di kehidupan kita.

Yang ketiga adalah sabar terhadap apa yang telah ditakdirkan oleh Allah SWT, sabar atas apa yang telah Allah berikan kepada diri kita. Allah telah mentakdirkan manusia menjadi makhluk yang sempurna dimuka bumi ini, maka sebagai makhluk yang sempurna harus bersabar dalam menjalani kehidupan yang ada. Dunia adalah tempat ujian bagi manusia yang mana semua yang dilakukannya akan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat nanti.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan, “Jika hambaku diuji dengan kedua matanya dan ia bersabar, maka Aku akan mengganti matanya dengan syurga (HR. Bukhori ). Dari hadist ini dapat kita sipulkan bahwasanya kesabaran sangat penting di kehidupan kita, Allah akan memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang sabar, sering juga kita jumpai dalam Al-qur’an, kalimat إن الله مع الصابرين yang artinya Sesungguhnya Allah bersama Orang-orang yang sabar.

Pepatah arab ini menyebutkan الصبر يعين على كل عمل  yang artinya kesabaran menolong atau membantu setiap pekerjaan. Dalam kehidupan kita misalnya, kegiatan keseharian yang kita alami, sebelum ayam berkokok banyak yang sudah pergi ke pasar untuk menjajakan dagangannya, ada yang sudah berangkat ke sawah untuk membajak sawahnya atau menanam padi, ada yang berangkat ke kantor untuk melanjutkan pekerjaannya, ada pula yang pergi kesekolahan untuk mengajar dan membimbing anak didiknya.

Semua yang dia lakukan mempunayi tujuan masing masing, tapi inti dari tujuan itu adalah beribadah, mencari nafkah untuk keluarga, butuh kesabaran dalam setiap pekerjaan. Jika semua profesi ini dilakukan tanpa ada kesabaran didalamnya, yang ada hanyalah keputus asaan, merasa dunia ini tidak adil, dan akan selalu timbul kemarahan pada dirinya, namun jika dilakukan dengan sabar, Inshaa Allah akan berjalan lancar dan mendaptkan yang terbaik. Karena sabar menolong setiap pekerjaan.

Kesabaran itu menolong kegagalan, dengan memunculkan sikap terbaik dengan konsisten saat gagal, dengan menyadari bahwa kegagalan adalah kesempatan belajar, dan tetap berusaha untuk meraih kesuksesan.

Kesabaran itu menolong orang kaya, dengan memunculkan sikap terbaik dengan konsisten saat dilimpahi kekayaan, dengan menyadari bahwa kekayaan adalah titipan dan menggunakannya untuk kebaikan dan membatu sesama.

Kesabaran itu menolong saat sedih, dengan memunculka sikap terbaik dengan konsisten saat bersedih, dengan menyadari bahwa semua yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah, dan bahwa sedih kadang diperlukan agar kita menyadari besarnya nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Kesabaran juga menolong saat kecewa, dengan memunculkan sikap terbaik saat kecewa, yakni menyadari bahwa terkadang keinginan tidak selalu terwujud dan ada sebuah ibrah (hikmah) disetiap kekecewaan.

Lagi-lagi kalimat ini muncul kembali الصبر يعين على كل عمل  , kalimat yang menggugah manusia untuk berbuat lebih dan lebih, pastinya dalam hal kebaikan, disertai dengan usaha yang keras dan do’a.

Dalam kisah Rasulullah juga sering kita dengarkan ceritanya, misalnya ketika perang uhud, kaum musyrikin mampu menerobos dan mendekati Rasulullah SAW. Salah seorang dari mereka bahkan melempari beliau dengan batu yang membuat beliau terluka dibagian dagu dan hidungnya hingga mengucurkan darah. Tak cukup sampai disini, tersiar kabar bahwa nabi Muhammad tela terbunuh, maka kaum muslimiin terpecah-pecah, sebagian masuk madinah dan sebagian lari ke atas gunung. Para sahabat bingung tak tahu apa yang harus diperbuat.

Di saat yang sulit ini, ketika umat islam bercerai berai tidak ada yang menemani Rasulullah saw, kecuali jumlah yang sedikit ini, rasulullah tetap tegar memimpin peperangan, yang paling mengharukan antara tiga ribu pasukan kafir quraisy melawan Rasulullah dan beberapa orang saja yang menyertainya. Beliau tidak mau menyerah kalah, tetapi bersikeras bersama orang-orang yang menyertainya bertempur habis-habisan, sampai kaum musyrikin melihat bahwa kerugian mereka lebih besar dari pada keuntungannya, sampai akhirnya lari meninggalkan Nabi Saw dan pengikutnya.

Dari sini Rasulullah juga telah memberikan uswatun hasanah untuk umat manusia tentang kesabaran, karena dengan sabar usaha dan do’a akan mendapatkan yang terbaik, beliau sebagai telaladan umat manusia yang harus diikuti.

Hampir mirip yang dikatakan oleh BJ Habibi,”Meraih masa depan yang cerah tidak akan didapat dengan mudah, kita harus mau berkorban untuk mendapatkan hal tersebut, keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar, keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha”.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwasannya sabar merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita sehari hari, mulai dari ibadah, muamalah, profesi dan lain sebagainya yang telah diajarkan didalam agama islam, dan dari kesabaran akan menuntun umat manusia menjadi seorang yang baik dan tentram dalam kekeluargaan sebangsa dan negara.

Comments

Advertisement

Popular posts from this blog

Contoh Surat Permohonan Untuk Pembuatan Referensi Bank

5 Unsur Kecerdasan Emosi Menurut Daniel Goleman

Rumah Makan Unik Yogyakarta, “Kampoeng Mataraman” dengan Menu ala Rumahan