Nikah Itu Saling Memahami Dan Saling Mengerti

Nikah itu saling memahami

Jadi inget sesuatu...

Emosi tertentu dapat ditentukan oleh rangsangan suara dan gambar (Martani, 1996). Oleh karenanya meskipun unsur biologis berperan, tetapi pengalaman kehidupan dan budaya dapat mempengaruhi ekspresi, sehingga perlu pengelolaan emosi ke arah positif.
So, saat anda merasa kecerdasan emosi anda lahir dari hereditas anda, maka yang perlu anda lakukan adalah mencari banyak pengalaman dengan mengasah kemampuan sosial anda.

Penelitian yang dilakukan Block ini wajar,(Goleman, 1996) dimana ia meneliti perbedaan antara orang yang ber-IQ tinggi dan orang ang ber-EQ tinggi dimana yang ber-IQ tinggi (dengan mengesampingkan kecerdasan emosional) merupakan intelektual yang terampil dalam pemikiran, tetapi canggung dalam pribadi. Dari penelitiantersebut terdapat dua perbandingan:

Pertama, Laki-laki yang cerdas secara emosi dicirikan dengan kemampuan mudah bergaul dan jenaka, mantap sosialnya, tidak mudah takut dan gelisah, bertanggung jawab, punya pandangan moral, simpatik, hangat dalam hubungan dan merasa nyaman dengan diri sendiri maupun orang lain.

Kedua, perempuan br-IQ tinggi dicirikan dengan kemampuan intelektual yang tinggi, lancar mengungkapkan gagasan, menghargai intelektual, punya minat intelektual yang tinggi dan estetika yang sangat luas. Cenderung mawas diri, cemas, gelisah, merasa selalu bersalah dalam hal yang tidak dicapai dan ragu mengungkapkan kemarahan secara terbuka.

So, apakah hanya salah satu dari kedua ciri itu dianggap sebagai sifat yang negatif dan sebuah kekurangan?, jawabannya adalah TIDAK, karena setiap orang mempunyai file hereditas masing-masing dimana banyak sekali unsur di dalamnya yang berpengaruh terhadap identitas dirinya yang akhirnya menjadi sebuah ciri dan mindset tertentu.
Finally, yang perlu dilakukan adalah sikap saling mengerti bahwa semua orang tidak dapat disamakan, karena asasnya memang semua diciptakan berbeda, hanya perlu menyiapkan metode untuk membaurkan kedua ciri tersebut. Dengan metode dan sikap yang sesuai maka everything can be ok.


Comments

Advertisement

Popular posts from this blog

Contoh Surat Permohonan Untuk Pembuatan Referensi Bank

5 Unsur Kecerdasan Emosi Menurut Daniel Goleman

Rumah Makan Unik Yogyakarta, “Kampoeng Mataraman” dengan Menu ala Rumahan