Rezeki Dalam Lautan Cinta



Rezeki Dalam Lautan Cinta
Google.com
Oleh : Tri Utafianto/10 Mei 2016

Dunia yang modern membawa kita kedalam kemajuan yang nyata, namun disana-sini masih terlihat tetesan air mata dan keringat yang membasahi jiwa dan raga.

Sebelum ayam berkokok, terkadang manusia sudah keluar dahulu, bangun dan bekerja demi kehidupan sendiri, maupun penghidupan keluarga, ada yang ke pasar untuk menjajakan jualannya, ada yang ke kantor untuk meneruskan tugasnya, ada petani yang berangkat pagi untuk membajak sawahnya, semuanya terlihat sibuk dengan pekerjaannya.

Sampai datangnya kegelapan yang merayapi teriknya matahri, terkadang masih ada yang sibuk dengan pekerjaannya. Pedagang kaki lima yang asik melayani para mahasiswa, berebut makanan karena kelezatanya dan harga yang terjangkau oleh kantong mahasiswa.

Namaku Octha, Aku mahasiswa semester lima di sebuah perguruan tinggi di tanah jawa, kampusku bersistemkan asrama bisa disebut juga pesantren mahasiswa, karena segala kegiatan berada didalam kampus, jika ingin keluar kampus harus izin, dan disana ada kyai yang selalu menididik kita untuk menjadi lebih baik dari dalam segala hal baik dari segi akhlak maupun keilmuan.

Ketika aku berjalan didepan kampus, datang temanku sambari pundakku, namanya Iyan “Hey Octha, apa kabar?” dia orangnya rame, aneh, perhatian dan puitis. Namun kali ini ada yang berbeda dari dirinya. Terlihat gelisah dan ada yang membingungkan dalam hatinya. “eh iyan, kok ndak seperti biasanya, ada apa?”.

Iyan :” heheheeh, ini tha, aku lagi bingung, ketika aku melihat dirinya, akupun luluh melentur melayang seakan terbang ingin bersamanya”
Octha : “hedeh, ini orang kenapa ya, kok jadi eror begini, jangan-jangan lagi kasmaran, iyan, kamu lagi jatuh cinta yah?”
Iyan : “ ndak tau nih tha, aku juga bingung”
Octha : “ Bingung kenape?”
Iyan :”pengennya sih mau lamar terus langsung nikah”
Octha :” iyan,,,sehat,?..ngelantur kamu yah ? atau jangan jangan kamu lagi mimpi?”

Akupun terkejut dengan penjelasan iyan yang barusan ia lontarkan, apa dia kesurupan atau ngigau atau apalah bagaimana menyebutnya tidak tahu juga.

Octha :” beneran kamu iyan”
Iyan : “ iya, aku beneran,udah yakin banget, tapi masih ada satu lagi yang bikin aku bingung, yaitu belum ada modal untuk hidup nantinya”
Octha :”hahahah,,ada ada saja kamu nih, ya udah sini ikut aku”
Iyan : “kemana?”
Octha :” Udah ikut saja dulu, protes melulu”

Aku dan iyan berjalan mengikuti apa yang aku katakan, berjalan bersama menuju tempat yang sudah aku perkirakan, yaitu tempat, atau rumahnya pak kyai, karena menurut aku disitu kami bisa medapat jawabannya atas kebingungan yang melanda karena asmara cinta di umur yang sebearnya masih dibilang dini. Mungkin dengan cerita atau wejangan yang beliau berikan kami lebih tau menau akan hal itu entah diceritakan tentang rasul atau tentang cerita yang pernah ada, yang penting dapat pencerahan itu mungkin akan menjadi lebih baik.

Selang beberapa waktu, sampailah kita di tempat tujuan, dimana lagi kalau bukan rumahnya pak Kyai, rumah yang masih berbentuk klasik di tanah jawa, bisa disebut juga rumah Pendopo, karena bentuk arsitekturnya sama dengan pendopo dengan empat tiang di tengahnya dan atapnya menjulang keatas, lalau kami sebut saja sebagai rumah pendopo.
Iyan pun agak bingung, kenapa dia aku bawa kerumah ini,

Iyan : “Tha, ini kan rumahya pak kyai, kenapa kamu bawa aku kesini?”
Octha : “Udah, ikut ajah dulu bawel baget sih kamu itu”

Akupun langsung mengetuk pintu dan mengucap salam  “Assalamualiakum”, keluarlah seseorang paruh baya dari rumah tersebut, siapa lagi kalau buka pak kyai kita di pesantren mahasiswa ini. “Assalamulaikum pak kyai” sambil kusalami tangannya diteruskan iyan menyalami pak kyai.
Pak Kyai :”Waalaikumsalam, ada apa tha? Kok tumben-tumben jam segini kerumah saya.”
Octha :”maaf pak kyai sebelumnya sudah menggangu waktu pak yai, ingin bicara sesuatu”
Pak Kyai :”wah kyaknya serius banget, ya silahkan duduk, sebentar yah”

Kamipun di persilahkan duduk oleh pak Kyai sementara itu pak Kyai memanggil istrinya dengan sebutan neng,”neng..buatkan minuman yah neng buat anak anak ini”, “iya akang” jawab istrinya dengan suara yang lembut. Pak Kyaipun bertanya kepada kami.”jadi bagaimana?” akupun langsung menjelaskan maksud kedatangan kami kerumah beliau,

Octha :” sebelumnya saya minta maaf pak kyai,  sudah menggangu waktu njenengan (anda), jadi begini pak kyai, si iyan ini sudah ingin menikah, namun masih bingung nanti bagaimana kehidupan setelah menikah, bagaimana menafkahi anak istri, bagaimana mencukupi kebutuhan keluarga, jadi dia masih bingung. Karena dia berfikir, jika tidak begini nanti tersebar fitnah sana sini.

“au”..si iyan mencubit kecil badanku sambil berbisik “ eh tha, kok ndak bilang bilang kalau kamu ingin menanyakan itu kepada pak kyai, kan aku malu sama pak kyai, kamu itu yah bener bener hemmmm, gimana nanti kau pak kyai berfikir yang tidak-tidak sama aku?”. “ udah santai saja, lebih baik mencari jawaban daripada menunggu sesuatu yang tidak jelas” jawabku. Seketika itu pak yai mendeham “ehem”, akupun tersenyum sambil menatap beliau.

Beliaupun menjawab dengan senyum “oh begitu, sebelum melangkah lebih jauh pak kyai ingin bertanya dahulu, iyan bener-bener  sudah siap untuk menikah, karena menikah itu bukan main-main, itu ikrar dan janji”
Iyan :” insyaallah sudah pak kyai, tapi Cuma itu saja yang saya bingungkan bagaimana nanti menafkahi keluarga, mohon pencerahnya”.

“nah ini-ni yang biasanya  manusia takut untuk mengerjakan sunnah rasul, banyak efek negative dari semua ini, entah dari pihak orang tua, entah dari diri sendiri, karena kurang pengetahuannya akan hal tersebut, takut bagaimana hidp selanjutnya, bagaimana nantinya, jadi begini nak, padahal udah belajar dari kecil mulai SD sampai sekarang, kalian masih ingat pastinya lagu cicak-cicak didinding. Coba kalian perhatian bait lyiriknya.

Cicak-cicak di dinding
Diam-diam merayap
Ada seekor nyamuk,hap
Lalu ditangkap

“Jika makhluk Allah ingin protes dan mengeluh maka cicak lebih berhak untuk protes dari pada manusia, kenapa?, coba kita bayangkan, cicak itu hewan yang merayap dan makanan cicak semuanya terbang. Namun sampai sekarang belum ditemukan ada cicak yang busung lapar, mereka semua sehat.”

Mendengar penjelasan pak kyai kamipun tersenyum-senyum sendiri, masa ada cicak burung lapar.

Lihat dulu lirik lagunya, cicak-cicak didinding. Diam-diam merayap datang seekor nyamuk, dilanjutkan HAP, yang harus dilakukan cicak hanyap HAP lalu ditangkap. Dari sini dapat kita simpulkan bukan, jangan pernah takut dengan masalah rezeki, semuanya sudah ada yang mengatur, siapa Dia?, Allahu Razik, Allah yang member rezeki kepada hamba-Nya, tugas kita hanynya berdoa dan berusaha untuk mendapat ridhonya.

“bagimana iyan, masih takut untuk melangkah mengerjakan sunah rasul?, tapi harus benar-benar disiapkan matang-matang jika ingin mengerjakannya sedini mungkin, karena menikah bukan perkara mudah, harus siap mental, dan harus yakin bahwa ini semua diniatkan untuk ibadah, bukan karena hawa nafsu belaka.”

Selesai mendengarkan penjelasan sambil minum tea buatan ibu kyai, kamipun mendapatkan pelajaran baru, yakni jangan pernah takut akan hal apapun karena Allah sudah mengatur semua apa yang akan kita hadapi, yang harus kita lakukan adalah berusaha dan berdo’a, dan keyakian yang kuat karena tanpa Allah seorang hamba tidak ada apa-apanya.


        وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ.
 Dan, kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui. (QS An-Nur :32)









Comments

Advertisement

Popular posts from this blog

Contoh Surat Permohonan Untuk Pembuatan Referensi Bank

5 Unsur Kecerdasan Emosi Menurut Daniel Goleman

Rumah Makan Unik Yogyakarta, “Kampoeng Mataraman” dengan Menu ala Rumahan